lentera bumi nusantara

Pembuatan Gula Kelapa Bersama Pak BAsir

Tempo hari kami mengunjungi rumah Pak Basir, tetangga sekaligus partner nengah domba kami. Profesi utamanya sebagai penderes gula kelapa. Baru sekitar satu bulan terakhir ini saja beliau menyambi sebagai pemelihara domba.

Tiap hari, pagi dan sore, kami melihat gesitnya kaki-tangan Pak Basir memanjat pohon kelapa. Mungkin ini juga yang menyebabkan

IMG_20170518_180241_108.jpg

badannya selalu sehat dan kekar. Karena penasaran dengan hasil gula yang diproduksi Pak Basir, maka hari itu kami pun berencana bertamu ke rumahnya.
Selepas solat maghrib kami mengunjungi lokasi pembuatan gula kelapa di belakang rumah Pak Basir. Rupanya api pembakaran sudah dinyalakan. Di atas tungku sudah ada wajan besar berisi air nira. Di tengahnya ada anyaman bambu yang dibentuk lingkaran. Fungsinya untuk menjaga agar air nira yang dimasak tidak meluap saat dipanaskan.

Tak lama kemudian Pak Basir pun datang membawa beberapa pongkor berisi air nira yang baru diambil. Pongkor merupakan wadah yang digunakan untuk menampung air nira. Istri Pak Basir, Bu Indah, pun keluar menyambut. Beliau menuangkan nira baru tadi ke wadah yang lebih besar, lalu mencuci pongkor untuk digunakan kembali esok hari.
.
Ciheras, 20170516

#ceritaciheras
#adaapadiciheras
#lenterabumi #lenteraanginnusantara#lenterabuminusantara
#gulakelapa #coconutsugar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *