ricky elson

Membaca dan Strategi

 

Banyak yang berfikir, bahwa Tujuan strategi itu adalah memenangkan Pertempuran, dengan Mengalahkan lawan, menginjak injak lawan, dan tertawa puas diatas kekalahan mereka, tidak lah demikian. Jika demikian, kemungkinan besar, suatu saat akan datang hal sebaliknya.

Pada beberapa halaman sebelumnya dari buku “Back to Strategy” nya Ohmae Kenichi ini, membahas tentang bagaimana Yamaha sebagai Produsen Piano berusaha bangkit ditengah badai Penurunan minat Pembeli dan persaingan dengan Produsen produk Harga murah meriah dari Korea atau China, dengan Strategy bukan untuk memenangkan “Pertarungan” dengan Kompetitor. Tapi, strategy memenangkan hati Konsumen produk mereka.
Diakhir pembahasan ttg Strategi Yamaha ini, Ohmae menuliskan, dasar kemenangan Yamaha sebagai Produsen Alat musik di dunia, 同社は音楽をこよなく愛する顧客心理の理解に努め、顧客の心に響く価値を提供した。何一つ諦めず、戦略の本質に立ち返ったからにほかならない。
Yang jika saya terjemahkan.. “Perusahaan ini, berupaya memahami psikologis Konsumen yang mencintai musik dengan sepenuh hati, lalu menawarkan Value baru yang menggetarkan hati Konsumen. Tidak sedikitpun mereka Menyerah pada keadaan. Tak lain mereka hanya kembali pada Esensi dari sebuah Strategi”
Saya lagi senang Membaca,

Cerita Ciheras, Ciheras University, Lentera Bumi Nusantara, Ricky Elson 136.PNG
Tentu saja sedapat mungkin perihal yang Positif dan Konstruktif. Bukan dengan yang meracuni fikiran saya dengan kebencian.
Bagaimana dengan anda?

Surabaya, 20170222

#LenteraBumiNusantara
#LenteraAnginNusantara
#MariMembaca

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *