lentera bumi nusantara

Magang di Pabrik Penyulingan Daun Cengkeh

Sejumlah mahasiswa Ciheras University sejak kemarin melakukan PKL alias KP di lokasi penyulingan daun cengkeh menjadi minyak atsiri di sekitar Site Ciheras. Setelah biasanya belajar menyuling dengan ketel kapasitas 50 kg, kali ini kami mempelajari penyulingan dengan kapasitas 10 kali lipatnya, yang tentu terdapat perbedaan pada berbagai hal.

Pertama-tama kami belajar membuka tutup ketel yang diameternya sedepa. Keluarlah uap penyulingan yang panas, membuat serasa di sauna. Lalu secara bergantian belajar mengeluarkan daun cengkeh yang sudah disuling menggunakan garpu besar. Daun cengkeh yang sudah dikeluarkan kemudian didorong ke bawah panggung untuk digunakan lagi sebagai bahan bakar.

Cerita Ciheras, Ciheras University, Lentera Bumi Nusantara, Ricky Elson 056.PNG

 

Setelah semua daun cengkeh dikeluarkan, kami lalu memasukkan lagi berkarung-karung daun cengkeh sampai menggunung. Sembari memasukkan daun cengkeh, tim yang berada di bawah panggung memasukkan daun cengkeh ke tungku untuk dibakar. Perlahan daun cengkeh yang tadi menggunung pun terlihat menyusut. Kemudian kami memasukkan lagi beberapa karung daun cengkeh sampai kapasitas maksimum ketel.

IMG_20170609_211444_160.jpg

Selesai kegiatan KP hari ini kami pun membawa oleh-oleh berupa sebotol minyak daun cengkeh dan empat karung daun cengkeh untuk diuji coba. Yuk kita menyuling lagi besok!

Ciheras, 20170609

#ceritaciheras
#ciherasuniversity
#lenterabumi #lenterabuminusantara
#lenteraatsiri #essentialoil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *