lentera bumi nusantara

Kesejahteraan Masyarakat Adalah Salah Satu Misi Kami.

Program Nengah

Di Kampung Batu Nunggul, Desa Ciandum, Kec. Cipatujah adalah lokasi kandang salah satu mitra kami, yang tampak sedang menyelesaikan proyek pembangunan kandang kambing kapasitas 5 ekor.

Jika proyek kandangnya selesai, kami akan menitipkan 2 ekor kambing betina ke Mang Soleh ini.

Untuk sistem bagi hasil yang sudah ada di kampung ini yaitu anak pertama untuk pemilik, anak berikutnya untuk perawat dan terus bergantian seperti itu. Di sini kami coba konsep yang sedikit berbeda, dimana ketika anak berumur 5 bulan di situlah waktu panen, baik beranak satu, dua, tiga atau lebih pun kami timbang total bobotnya lalu dibagi dua 50:50, dibayar dengan harga per kg nya. Sementara ternak anakan yang sudah dibagi hasil tadi kembali ke pemilik.

Bicara soal hasil kalau kebanyakan perhitungan mungkin tak seberapa, namun lumayan untuk tabungan mereka dari hasil membawa sekantong rumput sepulang berkebun.

Dalam setahun ini sudah ada lebih dari 40 ekor domba betina kami rawat bersama masyarakat yang tersebar di 4 Desa sekitar. Alhamdulillah sudah ikut berperan dalam menambah populasi domba di wilayah ini.

Kali ini kita mencoba merawat kambing, ya walaupun baru bisa di kelas kambing kacang.

Ciheras, 20180602

By: @linggarpramudiono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *