lentera bumi nusantara

Berdirinya Lentera Bumi Nusantara Ciheras

Tahun 2015 kami mendirikan Lentera Bumi Nusantara, yang akan difokuskan pada ranah pertanian, peternakan, budidaya ikan, pengolahan hasil bumi, serta pengembangan teknologinya.

Pada tahun 2015 itu pula Site Ciheras mengalami pengembangan. Di atas tanah gersang bekas galian pasir besi ini kami mendirikan kandang domba, kolam lele, ladang, serta penginapan dan ruang kantor. Kondisi alam yang ekstrim: kemarau yang sangat panas, musim kering yang menanduskan, angin kencang, dan musim hujan yang meluapkan air di kolam-kolam; tidak menghentikan langkah kami.

Tahun pertama didirikannya LBN kami fokuskan pada penguasaan pengetahuan di bidang pembesaran domba, lele, dan budidaya jahe. Pada tahun kedua kami mulai merambah ke bidang pengolahan hasil bumi dengan melakukan ujicoba pengolahan sumber daya alam yang potensial di daerah Ciheras, seperti kelapa, mengkudu, daun kelor, kapulaga, dan jahe. Tahun ketiga ini kami fokuskan di pengoptimalan pengolahan hasil bumi tersebut, pembesaran domba dan lele, serta kolaborasi dengan warga sekitar.

Cita-cita besar ini akan kami wujudkan dengan senantiasa belajar dari hal-hal yang terlihat terbatas tetapi akan kami perjuangkan dengan penuh kesungguhan dan ketulusan untuk bersama-sama membangun diri dan membangun negeri.

Bahwa tanah gersang ini pun akan kembali ‘hidup’ bila kita percaya bisa melakukannya, segera melakukannya, melakukannya dengan benar, dan melakukan hingga tuntas.

Ciheras, 20170220

#ceritaciheras
#lenterabumi #lenterabuminusantara #lenteraanginnusantara
#membangundirimembangunnegeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *