lentera bumi nusantara

3 Tahun Silam

Ciheras, tiga tahun yang lalu.
Tepatnya di bulan April yang hangat.

Kala itu, site Ciheras masih selebar satu garapan. Sebelah timurnya kolam-kolam bekas galian pasir besi yang belum tergarap. Sebelah baratnya masih berupa semak belukar.

Kincir yang terpasang baru ada lima. Yang tiga sudah berdiri sejak awal site Ciheras dibangun. Kincir ini lah yang merupakan objek penelitian kali pertama. Yang satu kincir 12 m. Struktur tiangnya berbentuk kotak dan sebagian besar sudah berkarat. Membuat tiang kincir 12 m ini terlihat keemasan di malam hari terkena lampu sorot.

Ruangan battery station (BS) saat itu masih semi permanen. Letaknya di depan BS yang ada sekarang. Yang pernah ke Ciheras pasti tahu ada sepetak beton di depan BS. Itulah BS yang lama.

IMG_20170911_190808_045.jpg

Selain BS, bangunan yang ada hanyalah pondok basecamp, learning room, dan saung kecil. Pondok basecamp ini merupakan bangunan bersejarah, yang pertama kali dibangun sejak 2012. Dan menjadi tempat tinggal utama bagi tim Lentera hingga kini. Lalu ada learning room alias ruang belajar, yang baru dibangun tahun 2014. Sebelum ada learning room, semua anggota tim maupun anak KP belajar di pondok.

Beginilah secuil cerita cikal bakal dari Lentera Bumi Nusantara yang teman-teman kenali sekarang ini. Berawal dari bangunan pondok sederhana, sedikit kincir, dan bangunan BS semipermanen. Bertambah satu ruang belajar untuk 15 orang. Kini jumlah kegiatan dan jumlah orang yang bertambah ‘memaksa’ kami untuk terus membangun dan berkembang, supaya kegiatan belajar dan kegiatan produksi dapat maksimal.

Dari yang kecil inilah semua bermula. Dari yang kecil kita belajar untuk tumbuh menjadi besar, dan bermanfaat bagi sesama.

Ciheras, 20170911

#ceritaciheras
#ciherasuniversity
#lenterabumi
#lenterabuminusantara 📸: @inayahzahra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *